Jumat, 17 April 2009

Sisi Kebenaran Kiri…


Istilah kiri seharusnya menjadi biasa dalam perbincangan kita, “Kiri” adalah kebiasaaan sekaligus kesepakatan untuk membedakan yang kanan, tetapi terminology ini menjadi luar biasa tatkala ia diendapkan pada dimensi pemikiran. Tidak saja karena ia menyimpan sejumlah gagasan besar, menantang, melawan, sekaligus merusak. Setiap tradisi yang dianggapnya ‘Mapan” tetapi karena ia memainkan peran yang sangat signifikan atas munculnya inspirasi besar yang merubah keadaan…

Dalam perspektif sejarah yang sudah membudaya, istilah kiri diletakkan pada sebuah pemikiran sosialis atau bahkan dilabelkan pada komunis yang menakutkan…krena memang tidak bisa dilepaskan dari pengalaman sejarah, lebih2 dianggap hantu yang menakutkan bagi masyarakat yang pernah mengalami “luka” sejarah dan trauma politik akibat komunisme….sehingga disaat itu adanya sebuah pemberangusan ideology sampai pada akar sosialis yang sebenarnya memiliki potensi yang tinggi untuk kita pelajari….

Tetapi disini kita akan mencoba melihat dgn mata telanjang,bagaimana pemikiran kiri selalu mengambil peran dalam sebuah perubahan, bukan hanya dalam sebuah sejarah Negara tetapi juga perubahan sikap atas budaya yang semakin menjemukan…Sisi kebenaran kiri ketika dia memainkan peran akan adanya sebuah relevansi dari formalitas dan sikap dalam berlaku, Kemapanan dalam sebuah kezaliman yang didukung kekuasaan akan serta merta menjadi sebuah kekekalan ketika ideology itu hanya menerima iklas dan ketakutan yang menjejali mainstream kita…..

Kiri akan memiliki energi yang dasyat ketika diletakkan pada posisi yang benar dan sesuai, selalu berpihak pada kebersamaan untuk selalu melawan kemapanan yang hanya meneriakkan kaum capital. Melawan mainstream kita yang terlalu kenyang akan sebuah budaya yang hanya mengedepankan formalitas diatas hakekat dari sebuah rutinitas. Kiri selalu memandang realistis dari pada memandang sebuah mistik, yang dibekukakan oleh budaya yang sudah tak berjiwa…

Tetapi kembali lagi bahwasanya kebenaran akan selalu jamak ketika bermain pada dataran penafsiran, tetapi yang perlu dicermati di sini bahwa kiri berani mengambil sebuah resiko untuk selalu melawan kemapanan yang sebenarnya sudah tidak berpihak pada rakyat banyak, termasuk menentang sebuah budaya yang syarat dengan kepentingan tetapi menjadi kosong manfaatnya….

Kiri memang akan selalu menjadi misteri..

Benar dan salah adalah isi dari berbagai persepsi….

1 komentar: